Monday, December 5, 2011

Tipe Data Integer

Tipe data ini digunakan untuk menyatakan bilangan bulat karena tidak mempunyai titik decimal sehingga tidak diperbolehkan menggunakan karakter koma antara dua bilangan.

Tipe Data Inreger
  1. Shortint, batas nilainya -128 …127
  2. Integer, batas nilanya -32768 ….32767
  3. Longint, batas nilainya -2147483648 …2147483647
  4. Byte, batas nilainya 0…255
  5. Word, batas nilainya 0…65535
Operator pada Data Integer :
  1. Penjumlahan (+)
  2. Pengurangan (-)
  3. Perkalian (*)
  4. Hasil pembagian bulat (DIV)
  5. Sisa hasil pembagian (MOD)
Nilai sebuah data dari sebuah tipe data integer adalah nilai bilangan bulat tersebut dalam matematika. Representasi data ini merupakan cara bagaimana nilainya disimpan di dalam memori komputer.

Tipe data integral terbagi menjadi dua buah kategori, baik itu bertanda (signed) ataupun tidak bertanda (unsigned). Bilangan bulat bertanda mampu merepresentasikan nilai bilangan bulat negatif, sementara bilangan bulat tak bertanda hanya mampu merepresentasikan bilangan bulat positif. Representasi integer positif di dalam komputer sebenarnya adalah untaian bit, dengan menggunakan sistem bilangan biner.

Urutan dari bit-bit tersebut pun bervariasi, bisa berupa Little Endian ataupunBig Endian. Selain ukuran, lebar atau ketelitian (presisi) bilangan bulat juga bervariasi, tergantung jumlah bit yang direpresentasikanya. Bilangan bulat yang memiliki n bit dapat mengodekan 2n. Jika tipe bilangan bulat tersebut adalah bilangan bulat tak bertanda, maka jangkauannya adalah dari 0 hingga 2n-1.
Integer diperlukan karena, antara lain untuk penghematan dalam proses penyimpanan data dan ada operasi-operasi yang tidak bisa menggunakan tipe real.

0 Cool Comments:

Post a Comment
BLOG DOFOLLOW

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India